Selasa, 07 April 2009

Print Media Workshop - Business Proposal



EXECUTIVE SUMMARY


Business Proposal ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai majalah terbaru yang akan diluncurkan oleh tim kami, East Star, yaitu HIP! Magazine. HIP! Magazine merupakan sebuah majalah gratis bertema lifestyle atau gaya hidup yang membidik pasar pelajar dan profesional muda kalangan menengah keatas, laki-laki maupun perempuan. Majalah ini akan didistribusikan di wilayah Jakarta, di kampus-kampus dan di kafe-kafe di berbagai pusat perbelanjaan.
Isi majalah HIP! Diharapkan agar dapatmemberikan informasi derta inspirasi pembacanya melalui berbagai artikel menarik. Artikel-artikel tersebut berisi segala hal yang sedang tren di kalangan muda ibukota, mulai dari fashion, musik, hingga tempat hangout favorit.
Dalam memproduksi majalah ini kami akan bekerja sama dengan partner bisnis dengan pembagian keuntungan sebesar 60:40 antara partner dan perusahaan. Dengan investasi awal yang kami targetkan dan pendapatan berupa dana sponsor dan iklan, diperkirakan titik impas kembali modal akan kami peroleh di bulan ketiga dalam kuartal ketiga produksi.
Untuk mempromosikan majalah HIP! Akan dilakukan promosi Online serta launching. Promosi secara online akan dilakukan melalui website resmi majalah HIP! Serta pemanfaatan situs jaringan sosial seperti Facebook dan Friendster.
Kami yakin dan percaya majalah HIP! Akan menjadi majalah yang dapat menarik minat pembaca karena berbagai manfaat dan keunikannya. Tim East Star sangat berterima kasih atas dukungan yang anda berikan pada majalah HIP! Di waktu yang akan datang.




I. ABOUT US




Tim East Star berdiri sejak tahun 2005. Markas tim kami terletak di Jalan Hang Lekir IV Senayan yang teduh dan strategis. Grup kami bergerak di bidang komunikasi, khususnya desain visual. Proyek terbaru kami ialah peluncuran majalah bertema gaya hidup atau lifestyle.
Tim kecil kami terdiri dari enam anggota inti. Masing-masing memiliki tugas dan kewajiban yang berbeda-beda. Para anggota tim East Star merupakan ahli yang berpengalaman dalam bidangnya masing-masing.
Pembagian kerja dalam proyek terbaru kami ialah:
• Alta Windiana sebagai Editor In Chief and Creative Director.
Latar belakang Alta yakni lulusan dari Cambridge University jurusan Jurnalistik. Lalu karir pertamanya dimulai sebagai reporter magang di majalah Cosmogirl USA. Di samping itu, dia juga memiliki kecintaan di bidang seni musik dan tari.

• Cindy Christy Arum sebagai Designer.
Cindy adalah lulusan S1 dari London School of Public Relations serta lulusan S2 dari Graphic School, San Fransisco, CA. Pengalaman kerja nya yakni sebagai part time designer majalah Tiberias pada tahun 2006, part time reporter dan designer newletter Graphic School pada tahun 2007 serta part time reporter event untuk majalah Gogirl! pada tahun 2008. Dia juga sangat senang menemukan hal-hal baru, traveling,dan animal lovers.


• Fransiska sebagai Reporter.
Biasa dipanggil dengan Siska. Dia adalah lulusan S1 London School of Public Relations jurusan Mass Communication. Menjadi penulis di Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan sempat mendapat penghargaan sebagai Best Writing dari GagasMedia Group adalah salah satu dari pengalamannya. Keahliannya yakni reporting, editing video, ahli dalam adobe Photoshop dan terbiasa dengan deadline.

• Ira Humaira N sebagai Fashion Editor and Photographer.
Latar belakang Ira adalah lulusan S1 Lassale College jurusan Fashion dan sempat mengambil kursus Photografi di Darwis Triadi. Ira juga aktif dalam komunitas Photografer.net dan sempat memenangkan beberapa kompetisi sebagai Best Photos of Nature. Karir nya dimulai sebagai assistant fashion dari best designer kondang Indonesia, Ivan Gunawan.
• Ivonne Tries Yuarta sebagai Reporter and Designer.
Lulusan S1 Pelita Harapan University jurusan Design Grafis ini, juga sampai sekarang aktif menjadi novelis dan freelance writer untuk beberapa majalah lokal. Karir pertamanya yakni magang di MRA Media lalu menjadi penyiar di radio Prambors selama 2 tahun. Ivon menyukai traveling, bertemu dengan orang-orang baru dan hang out bersama teman-temannya.

• Yoga Dharma Jati sebagai Marketing and Distribution.
Yoga adalah lulusan S1 Atma Jaya Universitas jurusan Manajemen Marketing tahun 2006. Dia jeli dalam melihat peluang untuk pemasaran produk. Hal ini dibuktikan bahwa dia juga berwiraswasta dengan membuka Distro di bilangan Tebet. Kepribadiannya yang suka mencoba hal-hal baru menjadi tantangan dalam hidupnya.



II. OBJECTIVES

A. PANGSA PASAR
• Segmentation
Majalah ini memiliki kekuatan-kekuatan yang mampu membuatnya menjadi salah satu majalah lifestyle yang diminati, khususnya bagi para penyuka dunia lilifestyle. Belum lagi keunggulan majalah ini yang dibagikan secara gratis di tempat-tempat tertentu, untuk menjadi pick-up points yang mudah ditemui oleh target audience majalah ini.
Beberapa majalah lifestyle lainnya menjadi kompetitor kami, baik direct competitor maupun indirect competitor. Majalah lifestyle yang menjadi direct competitor adalah Free Magz, yang merupakan majalah lifestyle, dengan pangsa pasar yaitu para mahasiswa, yang menjadi target audience majalah kami, selain profesional muda. Selain itu Free Mags juga dibagikan secara gratis di beberapa pick-up pointsnya.

• Targeting
Majalah Hip ditargetkan bagi semua gender yang berprofesi sebagai pelajar maupun profesional muda, yang menyukai dunia lifestyle, entah informasi mengenai kuliner, sports, gadget, dan sebagainya. Umumnya mereka merupakan kalangan menengah ke atas.

• Positioning
Majalah HIP merupakan majalah lifestyle berisi informasi-informasi lifestyle terbaru dan menarik serta dapat dengan mudah didapatkan di tempat-tempat tertentu secara gratis.
Majalah lifestyle lain yang menjadi indirect competitor kami contohnya seperti Esquire dan Cosmopolitan. Bedanya, kedua majalah ini berkonsep komersil. Secara isi, majalah-majalah ini menjadi pesaing kami, namun dengan komsep komersialnya, majalah Hip boleh menjadi unggulan untuk majalah berkonsep lifestyle.



B. ANALISIS SWOT
• STRENGTH
- Majalah ini dapat diperoleh secara gratis di pick up points tertentu
- Kertas yang digunakan berkualitas tinggi.
- Desain dan layout yang ditampilkan atraktif.
- Target pembaca yang dituju laki-laki dan perempuan.
• WEAKNESS
- Keterbatasan jangkauan distribusi
- Ketergantungan terhadap dana dari sponsor atau iklan.
• OPPORTUNITY
- Gaya hidup kaum muda Jakarta yang semakin beragam.
- Keberadaan majalah-majalah Lifestyle komersil dengan harga yang mahal.
- Masyarakat menyukai hal-hal yang serba gratis.
• THREAT
- Ada beberapa majalah dengan konsep serupa. (Contoh: Free Magazine sebagai direct competitor; Esquire, Cosmopolitan, dan majalah lifestyle komersial lainnya sebagai indirect competitor)
- Dibutuhkan penempatan pick up points yang akurat agar Target Audience aware akan keberadaan majalah ini.
- Anggapan masyarakat terhadap jenis majalah gratis yang sebagian besar hanya berisi iklan dan tidak berbobot.

C. ASPEK KEUANGAN
Agreement:
o Partners
o Profit sharing
Total pengeluaran (Investasi+Biaya Tetap+Biaya Variabel) = 3,400.000.000
Total pendapatan (Advertising+Sponsor) = 3,688.000.000
Profit = 288.000.000
Profit Share berbanding 60 : 40 antara investor dan perusahaan.
Perincian:
Profit Share 288.000.000
Investor 60% x 288.000.000 = 172.800.000
Company 40% x 288.000.000 = 115.200.000



III. TARGET AUDIENCE

1.Demografis
a) Sex : Laki-laki / Perempuan
b) Age : 18 – 25 th
2. Psikografis
a) Interest : Lifestyle, fashion, music, socializing.
b) Lifestyle : Dynamic, Smart
3. Demografis
a) Jakarta bagian Barat, Pusat, Utara dan Selatan.
b) Profesi: Mahasiswa dan eksekutif muda.
4. Sosiografis
SES : A, B

5. What’s In It For Me? (Manfaat dan Kegunaan Untuk Pembaca)
1. Pembaca akan mendapatkan informasi tentang lokasi kuliner yang berkualitas dan sesuai dengan selera target pembaca.
2. Pembaca akan mendapatkan informasi terbaru mengenai film-film yang akan diputar di bioskop, musik yang sedang tren, acara-acara yang baru diadakan dan buku yang akan diterbitkan.
3. Pembaca akan mendapat tips-tips tentang kesehatan yang bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Pembaca juga dapat memperoleh inspirasi dari artikel-artikel majalah ini, diantaranya tentang fashion atau profil seseorang yang dianggap inspiratif.



V. THE MAGAZINE

A. MAGAZINE CONCEPT
 Nama Majalah : HIP!
Kata “hip” merupakan istilah slang dalam bahasa Inggris yang bisa berarti keren dan sesuai tren.

 Tagline : To sophisticate you
Tagline ini dipilih karena dianggap dapat mewakili isi dan tujuan dari majalah “HIP!”, yaitu dapat membuat pembacanya sophisticated atau lebih canggih serta ter-updated terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup masa kini.

 Genre: Lifestyle Magazine

 Mission Statement
Majalah ini diterbitkan sebagai pedoman untuk memberikan informasi seputar gaya hidup masyarakat urban di Jakarta.

 Editorial Plan:
Majalah ini berisi 15 rubrik tetap yang akan selalu ada setiap bulannya, dan 2 rubrik khusus yang hanya akan ditulis pada saat-saat tertentu. Berikut penjelasannya:

Rubrik tetap:
1. Hai!: Salam redaksi
2. The Menu: Daftar isi
3. On The Cover: membahas seputar isu terhangat yang ditampilkan sebagai tema utama majalah setiap bulannya.
4. Health Corner: Berisi Tips - tips atau ulasan seputar pengetahuan dan gaya hidup sehat.
5. Stop and Buy: Berisi beraneka ragam produk rekomendasi HIP! Magazine.
6. Editor’s Pick: Rubrik yang menampilkan suatu hal yang menjadi favorit tim redaksi majalah HIP!.
7. Tunes: Rubrik tentang musik.
8. Moviesta: Rubrik yang berisi resensi – resensi film.
9. Bookworm: Berisi Ringkasan-ringkasan buku terbaru yang patut dibaca.
10. Electrocute: Rubrik yang berisi tentang tentang informasi dan detail gadget terbaru.
11. Cuisine: Rubrik seputar kuliner dan tempat-tempat makan yang patut dikunjungi.
12. Fashion:
• Fabulous Female: Rubrik tentang fashion untuk para wanita.
• Marvelous Male: Rubrik tentang fashion untuk para pria.
13. Our face: Berisi profil atau interview bintang tamu.
14. Boy’s Talk: Berisi aneka tips untuk para pria dalam menjalani kehidupan.
15. Boy’s Toys: Rubrik tentang beragam produk atau barang yang menjadi objek ketertarikan para pria.

Rubrik khusus:
1. It’s Happening!: Rubrik khusus mengenai event-event yang baru terjadi.
2. FunGames: Rubrik berisikan kuis dan hiburan lainnya.
3. Check This Out: Rubrik advertorial.


B. MECHANICAL DETAIL
1. Ukuran Majalah: B5 (17 X 25 CM)
2. Jenis Kertas:
• Cover: Art Carton 240 gram
• Content: Art Paper 150 gram
3. Jumlah Halaman: 64 halaman
4. Perbandingan antara isi dengan iklan: 50:50
5. Frekuensi Penerbitan: Monthly Magazine
6. Gaya Penulisan: Informal, namun tetap sopan dan baku.
7. Gaya Desain dan Layout: Kreatif dan elegan
Contoh Layout dan jenis font Rubrik (rubrik gadget “Electrocute”) beserta cover perdana majalah HIP!:






8. Perbandingan Gambar dan Tulisan: 60:40
9. Binding: Dijilid dengan menggunakan lem
10. Jumlah Produksi sekali terbit: 6000 eksemplar

 Distribution
Majalah HIP! Merupakan majalah gratis yang bisa diperoleh di tempat-tempat tertentu di wilayah DKI Jakarta.
• Pick-up point dari majalah HIP! adalah:
Kampus di Jakarta: STIKOM London School of Public Relations, Universitas Pelita Harapan, Digital Studio College, STIKOM Interstudi, Universitas Paramadina, Universitas Tarumanagara, Bina Nusantara, MONASH College.
Pusat perbelanjaan dan tempat bersantai:
o Jakarta Barat:
- Mal Taman Anggrek: Starbucks Coffee, Kopi Luwak, Bengawan Solo
o Jakarta Selatan:
- Senayan City: Secret Recipe, Coffee Bean, Gelatissimo, Sour Sally.
- Pondok Indah Mal: Starbucks Coffee, NYDC, Café Cartel
- Kemang Food Festival
- Distribution Outlet (Distro): Bloop, Endorse, Nanonine, Ouval Research.
o Jakarta Utara:
- Mal Kelapa Gading: Secret Recipe, Starbucks Coffee, Cold Stone, Bengawan Solo Coffee.
o Jakarta Pusat:
- Grand Indonesia dan Pacific Place: Starbucks Coffee.

• Distribusi majalah: dari setiap 6000 eksemplar Majalah HIP! Yang terbit setiap bulannya, kami akan membagi distribusi majalah tersebut sebanyak 3500 eksemplar untuk kampus atau universitas dan 2500 eksemplar untuk disebar di berbagai pusat perbelanjaan yang telah kami sebutkan.




C. PROMOTION PLAN
1. Online
Kami menggunakan media internet sebagai salah satu sarana promosi majalah “HIP!”. Maka dari itu, kami membuat situs resmi majalah kami yakni http://www.hipmagazine.com
Selain berisi beberapa artikel dari majalah, website resmi ini juga berisi polling, kuis berhadiah, dan forum diskusi yang memungkinkan para pembaca atau pengunjung website dapat berinteraksi satu sama lain.
Promosi Online lainnya adalah dengan melalui media situs jaringan sosial seperti Facebook dan Friendster yang memang sedang banyak dipakai dan digemari oleh masyarakat Target Audience kami.

2. Launching
Acara launching majalah kami akan diadakan:
• Tempat : Fx Mall Ground Floor
• Waktu : Tentative
• Konsep Acara : Konferensi Pers dengan mengundang media massa dan para blogger terkemuka. Acara launching juga akan dimeriahkan dengan pertunjukkan musik oleh para bintang tamu.
• Bintang Tamu : ALEXA dan 21st Night
• Media yang akan diundang:
 Global TV
 O Channel
 Jak TV
 Prambors FM
 Hard Rock FM
 Trax FM
 Gogirl! Magazine
 Spice! Magazine
 Concept Magazine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar