MIDTERM EXAMINATION ASSIGNMENT
OF
PRINT MEDIA PRODUCTION WORKSHOP
BLUE PRINT DARI MAJALAH “HIP!”
OLEH:
KELOMPOK EAST STAR
Alta Windiana (2006100141)
Cindy Christy Arum (2006100797)
Fransiska (2006100059)
Ira Humaira (2006101007)
Ivonne Tries Yuarta (2006100209)
Yoga Dharma Jati (2006100916)
MC10-5B
STIKOM THE
CONTENT
§ Nama Majalah : HIP!
Kata “hip” merupakan istilah slang dalam bahasa Inggris yang bisa berarti keren dan sesuai tren.
§ Tagline : To sophisticate you
Tagline ini dipilih karena dianggap dapat mewakili isi dan tujuan dari majalah “HIP!”, yaitu dapat membuat pembacanya sophisticated atau lebih canggih serta ter-updated terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan lifestyle atau
§ Genre: Lifestyle Magazine
§
Majalah ini diterbitkan sebagai pedoman untuk memberikan informasi seputar
§ Editorial Plan:
Majalah ini berisi 11 rubrik tetap yang akan selalu ada setiap bulannya, dan 2 rubrik khusus yang hanya akan ditulis pada saat-saat tertentu. Berikut penjelasannya:
Rubrik tetap:
1. Hai!: Salam redaksi
2. The Menu: Daftar isi
3. Issue of The Month: membahas seputar isu terhangat yang ditampilkan sebagai tema utama majalah setiap bulannya.
4. Health Corner: Berisi Tips - tips atau ulasan seputar pengetahuan dan
5. Tunes: Rubrik tentang musik.
6. Moviesta: Rubrik yang berisi resensi – resensi film.
7. Electrocute: Rubrik yang berisi tentang tentang informasi dan detail gadget terbaru.
8. Cuisine: Rubrik seputar kuliner dan tempat-tempat makan yang patut dikunjungi.
9. Fashion:
· Fabulous Female: Rubrik tentang fashion untuk para wanita.
· Marvelous Male: Rubrik tentang fashion untuk para pria.
10. Our face: Berisi profil atau interview bintang tamu.
11. Dictionary: Berisi informasi tentang alamat dan nama-nama tempat yang dimuat dalam rubrik fashion dan kuliner.
Rubrik khusus:
- It’s Happening!: Rubrik khusus mengenai event-event yang baru terjadi.
- FunGames: Rubrik berisikan kuis dan hiburan lainnya.
PRODUCTION
§ Target Audiene
Gender: Pria dan wanita
Usia: 18 – 25 thn
Profesi: Mahasiswa dan eksekutif muda
Lifestyle: Dinamis
Strata Sosial dan Ekonomi (SES): A dan B
§ Mechanical Detail:
- Pada setiap edisi, warna judul majalah (“HIP!”) dan tagline akan berbeda-beda warna sesuai dengan tema pada bulan tersebut, namun tetap menggunakan font yang sama (Fillmore).
- Font dari judul-judul rubrik yang ditampilkan pada cover juga akan berbeda-beda tiap bulan sesuai tema.
2. Ukuran Majalah: 17 X 24 CM
3. Cover: Art Carton 240 gram
4. Content: Art Carton 150 gram
5. Jumlah Halaman: 40 halaman
6. Perbandingan antara isi dengan iklan: 50:50
7. Frekuensi Penerbitan: Monthly Magazine
9. Gaya Desain dan Layout: Kreatif dan elegan
10. Perbandingan Gambar dan Tulisan: 60:40
11. Binding: Dijilid dengan menggunakan lem
12. Jumlah Produksi sekali terbit: 6000 eksemplar
§ Distribution
- Pick-up point dari majalah HIP! adalah:
Kampus di Jakarta:
Pusat perbelanjaan dan tempat bersantai:
o
- Mal Taman Anggrek: Starbucks Coffee.
o
-
- Pondok Indah Mal: Starbucks Coffee, NYDC, Café Cartel
- Kemang Food Festival
- Distribution Outlet (Distro): Bloop, Endorse, Nanonine, Ouval Research.
o
- Mal Kelapa Gading: Secret Recipe, Starbucks Coffee, Cold Stone, Bengawan Solo Coffee.
o
- Grand
· Distribusi majalah: dari setiap 6000 eksemplar Majalah HIP! Yang terbit setiap bulannya, kami akan membagi distribusi majalah tersebut sebanyak 3500 eksemplar untuk kampus atau universitas dan 2500 eksemplar untuk disebar di berbagai pusat perbelanjaan yang telah kami sebutkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar