Minggu, 29 Maret 2009

Print Media Workshop- Blue Print dari Majalah HIP!

MIDTERM EXAMINATION ASSIGNMENT


OF


PRINT MEDIA PRODUCTION WORKSHOP






BLUE PRINT DARI MAJALAH “HIP!”



OLEH:

KELOMPOK EAST STAR




Alta Windiana (2006100141)

Cindy Christy Arum (2006100797)

Fransiska (2006100059)

Ira Humaira (2006101007)

Ivonne Tries Yuarta (2006100209)

Yoga Dharma Jati (2006100916)

MC10-5B



STIKOM THE LONDON SCHOOL OF PUBLIC RELATIONS-JAKARTA





CONTENT


§ Nama Majalah : HIP!

Kata “hip” merupakan istilah slang dalam bahasa Inggris yang bisa berarti keren dan sesuai tren.

§ Tagline : To sophisticate you

Tagline ini dipilih karena dianggap dapat mewakili isi dan tujuan dari majalah “HIP!”, yaitu dapat membuat pembacanya sophisticated atau lebih canggih serta ter-updated terhadap berbagai hal yang berhubungan dengan lifestyle atau gaya hidup masa kini.

§ Genre: Lifestyle Magazine

§ Mission Statement

Majalah ini diterbitkan sebagai pedoman untuk memberikan informasi seputar gaya hidup masyarakat urban di Jakarta.

§ Editorial Plan:

Majalah ini berisi 11 rubrik tetap yang akan selalu ada setiap bulannya, dan 2 rubrik khusus yang hanya akan ditulis pada saat-saat tertentu. Berikut penjelasannya:

* Rubrik tetap:

1. Hai!: Salam redaksi

2. The Menu: Daftar isi

3. Issue of The Month: membahas seputar isu terhangat yang ditampilkan sebagai tema utama majalah setiap bulannya.

4. Health Corner: Berisi Tips - tips atau ulasan seputar pengetahuan dan gaya hidup sehat.

5. Tunes: Rubrik tentang musik.

6. Moviesta: Rubrik yang berisi resensi – resensi film.

7. Electrocute: Rubrik yang berisi tentang tentang informasi dan detail gadget terbaru.

8. Cuisine: Rubrik seputar kuliner dan tempat-tempat makan yang patut dikunjungi.

9. Fashion:

· Fabulous Female: Rubrik tentang fashion untuk para wanita.

· Marvelous Male: Rubrik tentang fashion untuk para pria.

10. Our face: Berisi profil atau interview bintang tamu.

11. Dictionary: Berisi informasi tentang alamat dan nama-nama tempat yang dimuat dalam rubrik fashion dan kuliner.

* Rubrik khusus:

  1. It’s Happening!: Rubrik khusus mengenai event-event yang baru terjadi.
  2. FunGames: Rubrik berisikan kuis dan hiburan lainnya.


PRODUCTION


§ Target Audiene

* Gender: Pria dan wanita

* Usia: 18 – 25 thn

* Profesi: Mahasiswa dan eksekutif muda

* Lifestyle: Dinamis

* Strata Sosial dan Ekonomi (SES): A dan B


§ Mechanical Detail:

  1. Nama dan jenis Font (berikut dengan contoh cover dan artikel dari majalah):
    • Content:



    • Contoh Cover:

- Pada setiap edisi, warna judul majalah (“HIP!”) dan tagline akan berbeda-beda warna sesuai dengan tema pada bulan tersebut, namun tetap menggunakan font yang sama (Fillmore).

- Font dari judul-judul rubrik yang ditampilkan pada cover juga akan berbeda-beda tiap bulan sesuai tema.


2. Ukuran Majalah: 17 X 24 CM Jenis Kertas:

3. Cover: Art Carton 240 gram

4. Content: Art Carton 150 gram

5. Jumlah Halaman: 40 halaman

6. Perbandingan antara isi dengan iklan: 50:50

7. Frekuensi Penerbitan: Monthly Magazine

8. Gaya Penulisan: Informal, namun tetap sopan dan baku.

9. Gaya Desain dan Layout: Kreatif dan elegan

10. Perbandingan Gambar dan Tulisan: 60:40

11. Binding: Dijilid dengan menggunakan lem

12. Jumlah Produksi sekali terbit: 6000 eksemplar



§ Distribution

Majalah HIP! Merupakan majalah gratis yang bisa diperoleh di tempat-tempat tertentu di wilayah DKI Jakarta.

  • Pick-up point dari majalah HIP! adalah:

* Kampus di Jakarta: STIKOM London School of Public Relations, Universitas Pelita Harapan, Digital Studio College, STIKOM Interstudi, Universitas Paramadina, Universitas Tarumanagara, Bina Nusantara, MONASH College.

* Pusat perbelanjaan dan tempat bersantai:

o Jakarta Barat:

- Mal Taman Anggrek: Starbucks Coffee.

o Jakarta Selatan:

- Senayan City: Secret Recipe, Coffee Bean, Gelatissimo, Sour Sally.

- Pondok Indah Mal: Starbucks Coffee, NYDC, Café Cartel

- Kemang Food Festival

- Distribution Outlet (Distro): Bloop, Endorse, Nanonine, Ouval Research.

o Jakarta Utara:

- Mal Kelapa Gading: Secret Recipe, Starbucks Coffee, Cold Stone, Bengawan Solo Coffee.

o Jakarta Pusat:

- Grand Indonesia dan Pacific Place: Starbucks Coffee.

· Distribusi majalah: dari setiap 6000 eksemplar Majalah HIP! Yang terbit setiap bulannya, kami akan membagi distribusi majalah tersebut sebanyak 3500 eksemplar untuk kampus atau universitas dan 2500 eksemplar untuk disebar di berbagai pusat perbelanjaan yang telah kami sebutkan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar