Kamis, 02 April 2009

First Assignment on Introduction To Advertising


INTRODUCTION ON ADVERTISING ASSIGNMENT
Date: 15 September 2006


PROMOTIONAL MIX



CREATIVE STRATEGY
1. Product : air minum dengan segala manfaat susu
2. Target Audience :
Gender : cewek/cowok

Age : remaja, kira-kira berusia 13-18 tahun
SES : A,B,C1,C2
Occupation : pelajar
Lifestyle : aktif dan dinamis
3. Promise :
Physical : Untuk tulang kuat
4. Rationale : Produk ini mengandung kalsium, mineral serta zat besi untuk mendukung pembentukan tulang yang kuat.

5. Tone & Style : aktif dan dinamis

6. Creative Idea : background music yang unik sehingga dapat mejadi cirri khas iklan
7. Sales Promotion: Setiap pembelian dua botol KaKi, akan mendapatkan 1 buah pin lucu, berlaku sampai periode akhir tahun.






LOGO, SLOGAN AND
BRAND NAME

Brand Name : KaKi (Kalsium Kita)

Slogan : Live Up Your Bones!





Promotional Poster:

Promotional Flags:
Shelftalker:



RADIO COMMERCIAL

CREATIVE RATIONALE

  1. How does this ad attract viewers’ Attention?

Pada iklan radio ini, kami mengambil situasi atau kejadian yang biasa terjadi dipagi hari supaya mudah diingat pemirsa. Kami juga menggunakan sound effect yg menarik dan background music yang sesuai dengan tone and style produk kami, yaitu young and dynamic. Begitu pula dengan pemilihan pengisi suara yang kami sesuaikan dengan karakternya masing-masing.

  1. How will it get viewers Interest?

Produk kami mempunyai product advantage, yaitu mengandung kalsium, vitamin, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Melalui iklan ini, kami ingin menyampaikan pada pemirsa bahwa produk kami sangat praktis dan baik untuk kesehatan, sebagai pengganti susu, bila dikonsumsi setiap hari.

  1. How will it generate viewers Desire?

Dalam iklan ini, kami sesuaikan dengan tone and style produk, yaitu young and dynamic. Kami memilih pengisi suara yg masih muda yang sesuai dengan karakter tokoh dalam iklan dan juga background music yang ceria untuk menampilkan kesan dynamic.

  1. How to persuade viewers to take Action?

Kami menyajikan suatu cerita pendek yg dapat menyampaikan dan menberi gambaran apa saja consumer benefit yg dapat diperoleh sesuai dengan promise kami. Kami juga masih menawarkan hadiah sebuah pin lucu setiap pembelian dua botol “KaKi” sampai akhir periode 2006.



RADIO SCRIPT

(Sound Effects: Bunyi jam weker berdering, lalu suara benda jatuh)

(Background Music: Lagu Ost. Happy Tree Friends)

Siska: Aduh…telat..!

(Sound Effects: Suara ribut-ribut orang berjalan terburu-buru dan benda-benda berjatuhan)

Siska: Ma…aku pergi dulu ya…!

(Background Music: Lagu Ost. Full House)

Mama: Eits, tunggu dulu…susunya kan belum diminum.

Siska: (Suara kesal) Duh, aku kan eneg minum susu…emang mama mau anaknya jadi gendut? Lagian gak sempet ma, aku udah telat…

Kakak: (Suara Mengantuk) Ah..ada apa sih, pagi-pagi udah rebut?ganggu orang tidur aja..

Siska: Nih…Mama maksa aku minum susu terus…

Mama: Susu kan sehat, Nak..

Kakak: Aduh..kuno banget sih, sekarang kan sudah ada KaKi, minuman segar bermanfaat susu. Gak bakal eneg, non-fat lagi!

(Background Music semakin keras terdengar)

Narator: Dengan mengandung kalsium dan vitamin, KaKi merupakan minuman segar bermanfaat susu bebentuk air mineral. Memiliki tiga rasa: strawberry, jeruk, dan anggur. Bisa dibawa kemana saja dan kapan saja. Setiap pembelian dua botol, gratis satu buah pin lucu sampai periode akhir tahun. Tersedia di supermarket dan toko-toko terdekat. KaKi, Live Up Your Bones!

Siska: Ya udah, kalo gitu ini buat aku aja ya, daaaahhh…

Kakak: enak aja…Mamaaa….!


TV COMMERCIAL

CREATIVE RATIONALE

  1. How does this ad attract viewers Attention?

Untuk TVC ini, kami mengambil ide cerita yaitu bahwa susu sudah ketinggalan zaman. Dimana digambarkan seseorang yang minum susu namun proses pembuatan susu sendiri agak lama dan ternyata membuat enek si peminum. Kemudian ada seseorang yang datang dan memberikan KaKi sebagai pengganti susu yang lebih praktis.

  1. How will it get viewers Interest?

Musik yang kami pilih pada bagian awal adalah lagu yang berbit lambat untuk mewakili pembuatan susu yang lama. Setelah orang tersebut minum KaKi, lagu berganti dengan yang lebih cepat. Dialog yang dikemukakan oleh sang artis adalah consumer benefits, sedangkan narrator mengemukakan product advantages.

  1. How will it generate viewers Desire?

Seperti tone and style dari KaKi, yaitu young dan dynamic, maka lagu yang kami pilih untuk mewakili image KaKi adalah lagu yang bersemangat.

  1. How to persuade viewers to take Action?

Dalam TVC ini, terdapat beberapa promosi menarik dalam superimpose-nya, sehingga dapat membuat konsumen tertarik dan segera membeli produk ini.



Script of Storyboard

(Frame 1/ Adegan pembuka: seorang remaja perempuan sedang memegang gelas, bermaksud membuat segelas susu. Jam dinding menunjukkan pukul 12.00 – dengan latar belakang suasana dapur).

Music: ‘Bizzare Love Triangle’ oleh Frente

(Frame 2/ Remaja perempuan tersebut menyendokkan susu bubuk ke dalam gelasnya, jam dinding menunjukkan pukul 12.05).

VO: Apakah kamu masih seperti ini?

EFX: Bunyi detik jam.

(Frame 3/ Remaja perempuan mengaduk-aduk susu dalam gelasnya, jam dinding menunjukkan pukul 12.15).

EFX: Bunyi detik jam.

(Frame 4/ Remaja perempuan meminum susu yang telah dibuatnya sambil menutup hidung, jam dinding menunjukkan pukul 12.35).

VO: Atau seperti ini?

(Frame 5/ Remaja perempuan masih meminum susunya sambil menutup hidung. Terlihat tulisan “STOP” dengan efek zoom out pada tengah-tengah frame).

VO (dengan suara yagn lebih lantang dan tegas): Stop!!!

(Frame 6/ Tiba-tiba ada tangan yang menyodorkan sebuah botol minuman sehingga remaja perempuan tersebut terkejut. Sementara itu jam dinding masih menunjukkan pukul 12.35).

VO (dengan nada tegas): Nih, cobain dulu yang ini!

(Frame 7/ Si remaja perempuan meminum air dalam botol yang idsodorkan tadi – pada botol terlihat tulisan “KaKi” pada labelnya. Jam dinding menunjukkan pukul 12.40).

Light effect: Ada cahaya terang dari belakang.

Music: ‘Wind It Up’ oleh Gwen Stefani.

Running Text: “Dapatkan 1 buah gantungan HP keren untuk setiap pembelian 2 botol KaKi rasa apa saja.”

(Frame 8/ Remaja perempuan tersenyum gembira sambil memegang botol KaKi dengan label terlihat di bagian depan. Jam dinding masih menunjukkan pukul 12.40).

FVO: Wuih,,, seger!! Ada rasa buahnya en praktis lagi!

Music (volume lebih kecil): ‘Wind It Up’ oleh Gwen Stefani.

Running text: “Dapatkan 1 buah gantungan HP keren untuk setiap pembelian 2 botol KaKi rasa apa saja.”

(Frame 9/ Terdapat gambar logo KaKi dan di ujung kanan bawah terdapat 3 buah botol KaKi dengan rasa jeruk, anggur dan strawberi – latar belakang putih).

VO: KaKi, air mineral dengan manfaat susu, mengandung vitamin dan mineral. Tersedia dalam 3 rasa: jeruk, anggur dan strawberi. Bisa dibeli di toko-toko atau supermarket terdekat. KaKi, live up your bones!!

Music (volume lebih kecil): ‘Wind It Up’ oleh Gwen Stefani.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar